Jumat, 07 September 2012

Hwa Dam (Space Group)

Hola-hola.. datang lagi dengan sebuah tempat yang sangat-sangat keren dari drama 'A gentelment's dignity' (kali ini aye dah nonton sampe akhir ^^.. lucu lho dramanya). Yang dah nonton pasti tau apa itu Hwa Dam, Hwa Dam adalah kantor arsitektur dan konstruksi milik Im Tae San dan Kim Do Jin. Dan.. dan.. ini beneran kantor arsitektur dan konstruksi lho aslinya.. namanya 空間 SPACE GROUP.

Seperti biasa kita liat cuplikan gambar Hwa Dam (Space Group) dalam dramanya dulu ya..

Sekarang kita bahas Space Group nya.. liat iklannya dulu.. OK
credit:
Space Group terletak di 219 Wonseo-dong, Jongro-gu, Seoul. yang berniat kesana liat web-nya disini atau disini, tapi karena ini kantor sepertinya gak kebuka untuk umum. Selain bergerak dibidang arsitektur dan konstruksi mereka bergerak di bidang publikasi dan juga majalah. Untuk majalanya kalian bisa liat disini.
Bangunan Space Group ini sendiri merupakan salah satu simbol arsitektur modern Korea lho.. Pertama kali dibangun oleh arsitek berpengaruh di Korea sekaligus pemilik Space Group, Kim Swoo-geun. (jadi mudah dah cari gambarnya)

Bangunan Space Group memiliki dua masa bangunan. 
 
Masa bangunan pertama adalah karya dari Kim Swoo-geun, dia menggunakan cirinya dalam merancang bangunan yakni penggunaan bata merah, permainan cahaya dan lantai. Ciri ini ia juga terapkan untuk karya-karya dia lainnya.
kalo lagi musim semi bangunannya jadi go green banget.. ekeke
Setelah Kim Swoon-geun meninggal, kepemimpinan Space Group dipegang oleh Chang Sea-yang. Di masa kepemimpinannya bangunan kedua dibangun. Chang Sea-yang menggunakan kaca dan baja untuk menunjukan sisi modern. Kaca dan Baja juga ia gunakan pada karya-karya lainnya bersama Space Group.

Sekarang Space Group dipimpin oleh Lee Sang-leem. Dan ciri karya-karya Space group pun berubah lagi menjadi karya-karya yang suka menggabungkan beragam gaya arsitektur dengan elemen lingkungan.
Cukup.. cuap-cuapnya yak.. sekarang kita liat-liat aja..
 - Sketsa rancangan
south elevation
west elevation
cross section
longitudinal section
- Exterior
 
- Interior
- Space Group Talk (konsep)

credit: joinsmsn, space-arch, AHNC2007, n other pic owner
special thanks to manager-hyung 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar