Sabtu, 15 September 2012

Tokyo Big Egg (Tokyo Dome)

red ocean for TVXQ at Tokyo Dome
blue ocean project for TVXQ at Tokyo Dome
white ocean project for TVXQ at Tokyo Dome
Buat kalian para cassie/bigeast atau penggemar kpop/jpop pasti kenal tempat ini. Yup ini adalah Tokyo dome.. TVXQ sudah sering main disini mulai dari secreat code, music bank (bersama artis-artis Korea lainnya), ss4 (walaupun cuma vcr changmin^^), SM Town, jyj thanksgiving, dan Tone tour.. dan liatlah betapa banyaknya orang yang bisa di tampung di tempat ini.. so keren lha~~. 
hua.. nangis liat 2 foto terakhir... T.T

Tau kah kalian sebenarnya bangunan seperti apa Tokyo Dome itu?
Tokyo Dome atau nama resminya "The Big Egg" atau "Tokyo Big Egg" sebenarnya adalah sebuah stadion baseball. Stadion kandang untuk tim baseball Yomiuri Giants. Memiliki luas lantai 115.221 m2 dengan 6 lantai atas dan 2 lantai basement. Tokyo dome dapat menampung 42,000 tempat duduk (standart) dan dapat ditambah lagi 13.000 tempat duduk sehingga totalnya dapat menampung 55.000 tempat duduk. Karena daya tampung yang besar inilah hanya artis-artis besar atau artis yang mampu mengumpulkan banyak pendukungnya yang dapat tampil disini.
Tokyo dome didesain oleh Nikken Sekkei Co.Ltd dan Takenaka Corporation berada di kawasan Tokyo Dome city. 
Selain stadion Tokyo Dome itu sendiri kawasan Tokyo Dome City terdiri dari Tokyo Dome Hotel towers, taman bermain Tokyo Dome, dan LaQua sebuah tempat untuk kegiatan - kegiatan komersial seperti spa, toko, restoran, dll.
tapi yang kita akan liat lebih lanjut cuma stadionnya saja..
Kalo liat bangunan besar seperti ini.. pasti terkagum-kagum dengan bentuknya. Dan yang mendukung terbentuknya bentuk itu.. Struktur.. (errrrrrrrrrrrrrrrrrr). Apa lagi Tokyo Dome ini adalah stadiun olahraga baseball pertama yang memakai atap di Jepang.
Struktur Tokyo dome menggunakan struktur gabungan yakni menggunakan struktur membran untuk atap stadion dan struktur rangka takenaka pada bagian depan (hall) stadion. Untuk jelasnya liat disini.
- Struktur membran (cocok digunakan untuk bagunan bentang luas yang tidak memakai kolom)
- Struktur rangka
 
Dan yang jadi pikiran aye.. karena di desain sebagai stadion olahraga baseball bukan tempat konser gimana sistem akustik/audionya ya???? dan setelah nyari di mbah google.. ternyata menurut beberapa pengalaman orang yang nonton konser di Tokyo dome sistem akustinya emang rada gak bagus.. lalu kenapa banyak konser besar diadakan disni? ah.. tentu saja masalah seperti ini bisa diselesaikan dengan mudah yakni dengan meminta bantuan perusahaan yang menyediakan persewaan sistem audio untuk konser-konser. Menurut artikel disini, konser TVXQ kemarin terbilang baik lho sistem audionya. \(^^)/
ah sayang cuma sedikit piku-piku ruangan-ruangan yang ada didalam Tokyo dome.. kagak bisa virtual Tour deh..

1 komentar:

  1. Mantap Gan... Thanks Infonya Gan.. Sangat Bermanfaat.. Ijin Share Yaaa..

    BalasHapus